Saturday, January 23, 2016

#Gaztrogram Menikmati Pedasnya Sego Sambel Yeye Surabaya

#Gaztrogram SEGO SAMBEL YEYE "IWAK PE" BIKIN KERINGETAN SAAT KULINER MALAM DI KOTA PAHLAWAN

SEGO SAMBEL YEYE "IWAK PE" SURABAYA

Hey hey kalyan. Jumpa lagi dengan Doki disini dan masih di Kota Pahlawan. Sepertinya aura Kota Pahlawan ini membuat Doki semangat untuk menjelajahi kuliner malam di kota ini. Buktinya kalau malam Doki malah tidak ngantuk dan makan yang enak-enak hehehehe.

Makan apa yaa kita malem ini? Hmmm kalau Doki perhatikan di sepanjang jalan Kota Surabaya itu banyak sekali Doki lihat warung makan sego sambel. Nah Doki dapet rekomendasi lagi nih dari temen disini katanya sego sambel paling hits itu sego sambel yeye. Yuk let's go!

Sego Sambel Yeye "Iwak Pe" Wonokromo Surabaya

(Gambar 2. Sego Sambel Yeye. Jl Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya, Jawa Timur)

Sego sambel itu merupakan bahasa jawa yang artinya nasi sambel. Menu sego sambel ini menyajikan nasi dengan lauk yang bervariasi dan disiram sambel. Sego sambel yeye ini menyajikan nasi sambel dengan lauk andalan "iwak pe". Iwak pe itu adalah ikan pari dan ikan inilah yang spesial di warung ini.

(Gambar 3. Sego Sambel Yeye. Mengantri nasi disini sama dengan latihan sabar)

Sego sambel yeye terletak di Jl Jagir Wonokromo Surabaya. Warung nasi ini terletak di pinggir jalan, di samping gang sempit, di depan toko yang tutup, dan hanya beratapkan tenda terpal. Namun saking terkenalnya warung sego sambel yeye ini, antriannya rame sekali. Harus sabar-sabar kalau antri.

(Gambar 4. Sego Sambel Yeye. Tempat sederhana, rame luar biasa, rasa istimewa)

Sego sambel yeye ini sangat terkenal se-Surabaya karena banyak pelanggan setianya. Mak Yeye membuka warung sego sambel ini pada tahun 1982 silam dan warung ini masih buka hingga saat ini. Pelanggan setia sego sambel yeye ini terdiri dari berbagai macam kalangan mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, tukang becak, hingga pejabat setempat.

(Gambar 5. Sego Sambel Yeye. Pelanggan setia sego sambel yeye yang sedang mengantri)

Warung sego sambel yeye ini baru buka pada pukul 22.00 malam dan tutup jika habis sekitar pukul 3 malam. Sebelum pukul 22.00 orang-orang sudah berbondong-bondong datang untuk memesan. Tempat duduk untuk makan disini tidak terlalu banyak sehingga banyak orang yang bungkus dibawa pulang. Warung sego sambel ini juga tidak menjual minuman sehingga kalyan harus beli dari warung lain.

(Gambar 6. Sego Sambel Yeye. Menu andalan disini adalah ini, iwak pe alias ikan pari)

Menu adalan yang membedakan warung sego sambel yeye dengan warung sego sambel lainnya adalah iwak pe alias ikan pari. Ikan pari dipotong-potong dan diolah goreng basah dengan bumbu yang nikmat. Sensasi nikmatnya ikan ini adalah di tulang rawannya.

(Gambar 7. Sego Sambel Yeye. Sambel dengan rasa yang juara)

Hal paling menonjol dari makanan ini adalah justru pada sambelnya. Namanya aja sego sambel, ya wajib pakai sambel. Sambel ini adalah sambel istimewa. Sambel ini terbuat dari cabe, tomat, bawang merah, bawang putih, garam, terasi, dan bumbu cinta. Makanya sambel ini jadi istimewa hehehehe.

Sego sambel dengan iwak pe

(Gambar 8. Sego Sambel Yeye. Porsi lengkap dengan iwak pe Rp 16.000)

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu setelah antri 30 menit. Seporsi sego sambel yeye iwak pe dengan extra sambel. Oh iya, ada 2 jenis sambel disini yaitu sambel pedas dan sambel manis. Seporsi menu ini terdiri atas nasi, ikan pari, tempe, telur dadar, dan secentong sambel. Wah enaknya.

(Gambar 9. Sego Sambel Yeye. Tampilan sederhana dengan rasa luar biasa)

Bagaimana rasanya Dok? Yuk kita berdoa dulu sebelum makan. Bismillah. Mari makan. Nom nom nom ini rasanya enak banget. Sambelnya juara. Bagi pecinta pedas pasti suka banget nih. Komposisi perpaduan rasa manis, asin, asam, pedas, dan gurihnya pas banget. Hacep sob!

Iwak pe alias ikan parinya juga mantab. Rasa daging ikan pari itu punya rasa khas yang tajam seperti menyengat namun nikmat. Konsistensi ikannya pun lembut sekali dan tulangnya bisa dimakan karena tulang lunak. Rasanya gurih asin nikmat sekali. Dicampur sambel makin hacep deh.

(Gambar 10. Sego Sambel Yeye. Kalyan bisa pilih lauk lain selain iwak pe)

Sego sambel yeye juga memiliki lauk lain yaitu ayam goreng, lele goreng, dan telor ceplok mata sapi. Apapun lauknya, menurut Doki sih sambelnya yang paling penting. Makan nasi pake sambelnya aja udah enak banget. Fix sih nambah ini hehehehe.

Kalyan harus banget mampir ke sego sambel yeye ini. Apalagi kalau kalyan pecinta pedas, wah tidak boleh melawatkan tempat yang satu ini. Ini hacep sob!

Ayo jalan-jalan ke Surabaya dan mampir ke sego sambel yeye.

#Gaztrogram Sego Sambel Yeye

Sego Sambel Yeye

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Telepon: -
Harga: Rp 16.000
Instagram: -

Rasa: 4 Jempol (4/5)
Pelayanan: 4 Jempol (4/5)
Kebersihan: 3 Jempol (3/5)
Suasana: 4 Jempol (4/5)

Parkiran: ada, tapi susah karena jalannya sempit
Wifi: tidak ada
Mushola: tidak ada
Pembayaran: cash

#Gaztrogram Sego Sambel Yeye = 4 Jempol (4/5)

Salam Gaztrogram
Terima Kasih

1 comment:

  1. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    ReplyDelete