Wednesday, December 30, 2015

#Gaztrogram Nasi Gandul Pak Subur Semarang

#Gaztrogram NASI GANDUL PAK SUBUR SEMARANG, makanan khas Pati di Semarang

NASI GANDUL PAK SUBUR

Hey hey kalyan. Kalyan kangen kulineran bareng Doki yakan. Doki mau ajak kalyan mencicipi kuliner khas Pati yang terkenal di kota Semarang. Apa kalyan tahu nasi gandul? Ada yang pernah coba? Kali ini Doki akan mengulas tentang nasi gandul khas Pati ini.

Nasi gandul merupakan nama makanannya cukup unik ya. Gandul itu merupakan bahasa Jawa yang artinya menggantung/gelantungan. Sama seperti nasib kamu ya yang sedang diganduli gebetannya (gebetan = calon pacar/orang yang kamu suka) haha. Diapelin iya, dikasih status tidak.

(Gambar 2. Nasi gandul pak Subur. Jl KH Ahmad Dahlan, Semarang. Depan RS Telogorejo)

Mengapa dinamakan nasi gandul ya? Karena dina lapar, sehingga makan nasi gandul haha (lelucon tahun 90an). Dinamakan nasi gandul karena dulu penjual nasi gandul di Pati menjajakan makanan ini dengan menggantung dagangannya keliling kampung.

Nasi Gandul Pak Subur

Nasi gandul adalah sebuah kuliner khas Pati (kota di utara Jawa Tengah) yang menyajikan nasi dengan lauk daging disiram kuah berbumbu dan kecap manis. Nasi gandul disajikan diatas piring dengan daun pisang seperti gambar 3 dibawah ini.

(Gambar 3. Nasi gandul khas Pati tersaji diatas daun pisang)

Sekilas jika dilihat, nasi gandul mirip dengan nasi pindang. Bedanya nasi pindang kuahnya berwarna hitam karena menggunakan kluwak, sedangkan nasi gandul menggunakan bumbu rempah-rempah yang disangrai/digongso terlebih dahulu kemudian baru dicampurkan ke kuahnya.

(Gambar 4. Proses penyajian nasi gandul. Langsung pilih lauknya sendiri pemirsa)

Waktu penyajian nasi gandul terbilang cukup cepat. Prosesnya adalah menyiapkan daun pisang diatas piring, menaruh seporsi nasi, memilih lauk, menggunting-gunting lauk diatas nasi, menuang kecap serta bawang goreng, dan menyiramnya dengan kuah rempah-rempah. Selesai deh, hanya 2 menit.

(Gambar 5. Kuah rempah-rempah super nikmat sedang dituang dan nasi gandul siap disajikan)

Kuah nasi gandul yang berwarna coklat ini memang luar biasa. Aroma kuahnya sungguh harum bumbu-bumbu. Aroma kuah nasi gandul yang tercium membuat mulut kalyan semakin berair dan perut kalyan berteriak liar nan manja. "telan, ayo telan semua, ayo lahap habis semuanya" teriak si perut. Hap!

(Gambar 6. Lauk-lauk untuk nasi gandul. Ada telur, daging, otak, dan lain-lain. Harga Rp 9000)

Ada berbagai macam lauk yang bisa kamu pilih untuk nasi gandul costum ala kalyan. Kalyan bisa pilih antara telur, daging, paru, babat, usus, otak, dan koyor/kikil. Kalau kesukaan Doki adalah otak, babat, dan usus karena rasanya gurih manis manja. Harga 1 lauk ini adalah Rp 9000 dan telur Rp 5000.

Seporsi Nasi Gandul Pak Subur

(Gambar 7. Seporsi nasi gandul pak Subur. Harga Rp 13.000 dengan 1 jenis lauk)

Mari mencicipi nasi gandul ini.

Bagaimana rasanya Dok? Mari kita berdoa dahulu sebelum makan. Bismillah! Suapan Pertama, nyam. Subhanallah. Enak Binggo (Binggo = banget)! Ketika Doki merasakan suapan pertama, Doki langsung terbuai oleh salah satu kenikmatan dunia. Doki langsung melahap nasi gandul ini tak jemu-jemu.

(Gambar 8. Nasi gandul akan lebih nikmat jika dinikmati bersama gorengan, sambal, serta gebetan)

Ini nasi gandul udah paling bener deh. Enaknya hacep sob (hacep sob = pecah bro)! Duh abang lemes dek, tapi tegang dek lidah sama pipi abang tegang dek karena sibuk ngunyah nasi gandul hacep ini. Kalyan bisa menambahkan sambal, kecap, dan jeruk nipis juga. Jangan lupa gorengannya hehehehe.

(Gambar 9. Lauk-lauk nasi gandul yang menggugah selera. Bikin mau nambah aja)

Ukuran porsi nasi gandul memang tidak banyak. Bagi yang laper, biasanya pengunjung akan nambah 2-3 porsi. Fix banget sih Doki nambah. Kalau tadi Doki pakai lauk otak, babat, usus; sekarang Doki mau coba lauk daging dan koyor/kikil. Nambah gak dosa kok, yang dosa kalau gak bayar hehehehe.

(Gambar 10. Suasana warung tenda nasi gandul pak Subur. Selalu ramai dan sold out)

Lokasi nasi gandul pak Subur ini memang di pinggir jalan depan RS Telogorejo. Tempat ini berupa warung tenda dan baru buka pada sore hari sekitar pukul 17.30. Nasi gandul pak Subur biasanya tutup jika sudah habis yaitu sekitar pukul 22.00 malam.

(Gambar 11. Musik dan lantunan lagu dari seniman jalanan menemani santap malam disini)

Disini terdapat musisi jalanan yang sudah menjadi langganan tetap untuk berkarya di tempat ini. Lantunan lagu jawa dan pop Indonesia bisa kita dengarkan sambil makan piring ke 3 nasi gandul super enak ini. Bisa request lagu juga lho.

Doki mau request lagu ah, lagunya Skrillex & Diplo feat Justin Bieber yang "where are u now". Namun karena senimannya gak tahu lagu tersebut karena yang request juga gak tahu diri, akhirnya mereka memainkan lagu "goyang dumang" by Cita Citata. TARIK MANG sampai piring ke 5 hahahaha.

(Gambar 12. Nasi gandul pak Subur yang harus kalyan coba jika ke Semarang)

Doki sangat ketagihan dengan nasi gandul ini. Rasanya enak sekali, kuah berbumbu yang masih hangat membuat nasi gandul ini semakin nikmat, dan yang paling juara adalah lauk-lauknya. Nasi gandul yang original saja sudah hacep sob, apalagi kalyan tambah sambel dan jeruk nipis. Beh, asli nikmat.

Doki pesan 1 porsi nasi ditambah 2 lauk lagi. 1 porsi nasi dengan 1 lauk itu harganya Rp 13.000 (Nasi Rp 4.000) dan 2 lauk tambahan harganya Rp 18.000 (1 lauk Rp 9000). Jadi totalnya adalah Rp 31.000 dan ini baru piring pertama. Doki nambah 3 piring hahahaha. Harga gorengan disini 1 gorengan Rp 1000 dan kerupuk Rp 2000. Habis lebih dari Rp 50.000 tidak apa-apa soalnya enak banget sih.

Doki sangat merekomendasikan kalyan untuk mencoba nasi gandul pak Subur ini. Dijamin, pasti kalyan ketagihan dan akan jadi pelanggan setia. Memang ya makanan paling enak itu adalah makanan Indonesia yang dijajakan di pinggir jalan. Lidah memang tidak bisa bohong. Yuk kita ke Semarang! Hehehehe.

#Gaztrogram Nasi Gandul Pak Subur

Nasi Gandul Pak Subur

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan depan RS Telogorejo, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Telepon: -
Harga: mulai dari Rp 13.000
Instagram: -

Rasa: 4 Jempol (4/5)
Pelayanan: 4 Jempol (4/5)
Kebersihan: 3 Jempol (3/5)
Suasana: 4 Jempol (4/5)

Parkiran: ada, tapi sulit
Wifi: tidak ada
Mushola: tidak ada, adanya di RS seberang, di lantai dasar
Pembayaran: cash


#Gaztrogram Nasi Gandul Pak Subur = 4 Jempol (4/5)

Salam Gaztrogram
Terima Kasih

No comments:

Post a Comment