Tuesday, June 30, 2015





Mari kita #ExploreBontang

Halo halo.. Jumpa lagi dengan Doki disini. Mau bahas apa kita kali ini? Kita bahas tentang kota Bontang di Kalimantan. Yuk kita #ExploreBontang. Kenapa Doki mau bercerita tentang Kota Bontang? Karena doki sedang bekerja di Bontang hehehehe. Doki kan orang Jakarta yang merantau ke pulau Kalimantan demi sesuap nasi hehehehe.

Bontang

Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur yang berjarak 120 km dari ibukota Kalimantan Timur, Samarinda. Luas kota Bontang adalah sekitar 497 km2 dan memiliki 3 kecamatan dan 15 kelurahan. Kota yang memiliki roda perekonomian utama di sektor industri ini memiliki semboyan "Kota TAMAN" yang merupakan singkatan dari "Tertib, Agamis, Mandiri, Aman, Nyaman". (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bontang)




Kota Industri

Kota Bontang memang memiliki beberapa perusahaan industri sebagai sektor utama perekonomian. salah satunya adalah perusahaan industri tambang batubara dan memang Doki sedang bertugas disini. Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa bertugas disini sebagai dokter onsite clinic.




Most likely my everyday view. What a good company.

Selain perusahaan tambang batubara, masih ada perusahaan lain di kota Bontang ini seperti perusahaan tambang minyak & gas alam dan perusahhan industri kimia.




Selamat datang di Kota Bontang

Welcome to Bontang. This is Bontang dude! Jika anda berkunjung ke kota Bontang, anda pasti akan melewati gerbang selamat datang. Cobalah menepi sebentar karena di dekat gerbang kota Bontang terdapat menara observasi untuk melihat keindahan kota Bontang yang masih hijau, tuh menara nya seperti foto di atas. Jika kamu naik ke puncak menara, kamu bisa melihat pemandangan seperti foto di bawah ini.







Ada tanda panah unik di dasar menara observasi ini. Itu adalah tanda panah yang menunjukkan arah dan jarak menuju suatu kota dari kota Bontang. Panah-panah tersebut hanya menunjukan jarak dan tempat kota lain, bukan panah yang menunjukan tempat jodoh kamu berada (mulai #Baper deh hehe).








Jumlah panah nya ada banyak. Pengen banget Doki bawa kompas lalu ikutin panah tersebut dan bisa sampai deh di Dubai. Siapa tau ketemu jodoh disana (#HEY jangan mulai #hey haha).




Bagaimana cara ke Bontang?

Kalau kamu mau #ExploreBontang, kamu bisa sampai di kota ini melalui jalur darat. Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu naik pesawat dulu dan mendarat di kota Balikpapan. Setibanya di bandara Sepinggan Balikpapan, ada berbagai macam modalitas dari Bandara untuk menuju ke Bontang. Ada banyak mobil Travel yang menuju Bontang, harganya sekitar Rp 175.000 - Rp 220.000. Ada juga bus Samarinda Lestari (Patas AC) yang menuju Bontang, harganya sekitar Rp 115.000. Semua perjalanan darat akan ditempuh selama 5 - 6 jam. Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat pemandangan seperti foto dibawah ini.







Seger kan mata kalo ngeliat yang ijo-ijo begini. Memang masih banyak lahan hijau di bontang yang bisa diexplore. Sejauh mata memandang, kamu tidak akan menemukan pemandangan macet seperti di jakarta hehehe.




Hello Bontang

Setibanya di Bontang setelah menempuh 6 jam perjalanan, agar naluri petualang kamu terpenuhi sebaiknya kamu langsung saja menuju ke konservasi bakau di Pantai Berbas, Bontang. Di area konservasi bakau ini kamu bisa keliling hutan bakau melalui jembatan-jembatan kayu yang dibuat menyerupai labirin. Main petak umpet disini seru kali yaa hehehe. Ini nih foto hutan bakau nya.











#ThroughTheFrame hutan bakau kota Bontang di area pantai Berbas. Oh iya buat kamu yang mau explore hutan bakau ini, masuk nya gratis nih alias gretong alias tidak dipungut biaya sama sekali. Kalo kamu main atau malah mau piknik disini, tolong jangan buang sampah sembarangan yaa. hehehe





Setelah kamu puas explore tempat ini dan ternyata kamu belum capek, kamu bisa juga langsung menuju dermaga penyebrangan untuk menuju ke pulau beras basah. Pulau ini keren banget IH. Untuk bisa sampai di pulau beras basah, kamu harus menyebrang laut menggunakan perahu atau speedboat. Harga sewa perahu sekitar Rp 500.000 dengan kapasitas untuk 15-20 orang untuk perjalanan pulang pergi. Waktu tempuh dari dermaga menuju pulau beras basah sekitar 30-45 menit.







Di pulau ini tidak ada penginapan. Kebanyakan pengunjung disini hanya datang berkunjung untuk berenang, bermain, wisata, kumpul keluarga dan kemudian pulang lagi. 3-4 jam saja sudah cukup untuk mengexplore pulau beras basah karena memang pulaunya kecil. Kamu bisa melihat semua sudut pulau ini.

Bening! banget deh beningnya!
Oke banget pulau beras basah ini. Tapi nanti akan ada sesi lain Doki mau membahas khusus tentang Pulau beras basah.

Balik lagi aja yuk ke kota Bontang.
Jalan-jalan mulu emangnya kamu gak laper apa! hehehehe

Nah, selanjutnya kita akan bahas tempat makan yang wajib kamu kunjungan kalau main ke Bontang. Tunggu posting Doki berikutnya yaa hehe. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment